Posts

Showing posts from March, 2021

Deesa prepares for her own food

 March 6, 21 Deesa berusaha untuk menyiapkan makanannya sendiri.. mulai dari pengambilan piring, alamat makan (sendok garpu), nasi, dan lauknya. deesa dapat melakukannya dengan baik. walau awalnya masih merasa malu karena akan direkam, tapi setelah dihibur oleh ibunnya deesa mau aktif vokal kembali. sedikit banyak untuk urusan makan dia masih dalam tahap pembelajaran, dimana dia masih berusaha untuk makan dengan alokasi waktu yang ditentukan, so far masih 50% hit rate, dimana kadang dia bisa menyelesaikan makannnya dengan baik, ada pula dia menyelesaikan makannya dengan kurang baik. ketika makan deesa sering banget mengobrol ,sehingga kadang kami perlu memberikan rem agar deesa bisa makan dengan fokus.  Deesa itu sejauh yang saya perhatikan, sebenarnya orang yang bisa melakukan segalanya dengan sendiri, mungkin karena dia ingin dimanja oleh saya, sehingga seringnya dia meminta tolong ke saya.. dan saya juga tergantung mood ketika menolongnya, ketika inget kalau manjain deesa k...

Meminjam buku?

 March 7, 21 Hiks.. untuk prompt ini.. jujur saya ga ikutan sama sekali.. Tau tau deesa udah ngasi pilihan.. Prosesnya pun saya cuman denger dari ibun, klo ternyata dari awal deesa lgsg milih ttg barbie, dan walaupun sudah disetir sama ibun untuk milih buku lain, deesa tetep keukeuh sama pilihan barbienya.. hihihi.. Denger cerita ibun yang kayak gitu jadi inget pas deesa maen hp buka app shop**. Awalnya dia milih lego yang polisi polisian, walau sudah disodorin my little pony, lego princess and friend, tetep ujung2nya pilih lego yang polisi polisian.. Teguh juga emang pendirian dia kalau udah milih.. hihihi.. moga moga nanti kalau sudah ada prinsip hidup bisa memegang prinsipnya walau cobaan hidup menghadang.. Deesa sang kakak super flash!

Journal

 March 14, 21 Who would've thought i can write a journal.. Really, kids is really a marvelous creature.. Sampe bisa membuat perubahan pada diri saya dan ibun. Hal yg plg ngena adalah bahwa alokasi waktu saya ke deesa itu masih minim.. Bahwa rasa sayangku ke deesa mungkin belum bisa dicerna oleh deesa.. mungkin... Mungkin ini trik tetum biar ortu refleksi diri.. hahaha. Thank you atas kesempatannya untuk membuat jurnal ini. Semoga deesa bisa diterima di sekolah ini, semoga deesa bisa bahagia di sekolah ini, dan semoga deesa, saya, dan ibun bisa tumbuh berkembang bersama.. Hihihi.. geli jg baca journal ini.. gaya penulisan saya bener2 straight ball banget.. bener bener langsung ke point utamanya.

Kemandirian

 March 13, 21 Kemandirian.. Hahaha.. kalau ngomong kemandirian.. deesa masih sooo manjaaa sangat.. dan kami pun masih memanjakannya.. Kami pun kadang kaget pas denger dia aktif banget di sekolah (sebelum pandemi) mau ngelakuin ini itu di sekolahnya, berani melakukan hal hal baru, jujur kami kaget.. Alhamdulillah , tapi belakangan ini dia udah mau mandi sendiri, nyemplung sendiri, keluar bermain sama anak2 sekitar rumah sendiri..  dikit dikit deh.. moga moga dia semakin mandiri.. walau saya masih belum berani ya melepas dia sekolah naik angkutan umum sendiri.. mungkin kalau ada angkutan dari sekolah saya berani ya.. Oh oh, kemarin pun dia pas ke alfa berami bayar sendiri.. yay~ Good job deesa!

Deesa!!!Dari yanda 20 taun yang lalu

 March 12, 21 Deesa, Nyehehehe.. Dah gede ya sekarang.. Deesa, yanda tu sayaaaang banget sama deesa.. Yanda tu pengen deesa have fun without any care about this world.. to have you smile is a blessing for me and ibun.. Deesa, Please stay strong and keep our faith inside your heart. No matter where you are now, please now that i feel very blessed to have you.. to have you smile is a heavenly pleasure to me.. Things may be difficult or things may be easy, but please keep humble, keep down to earth, and keep smiling.. Know that whenever you feeling down or sad, please talk to us.. we will always have time for our precious princess.. Though we may be strict on you, scold you when you made mistake, we did that since se love you dearly.. Love you always deesa, my super flash. Love you always..

Yandaa~ deesa mau pipis

 March 11, 21 Deesa.. Alhamdulillah ya sekarang deesa udah berani ngomong yanda/ibun, deesa mau pipis/poop.. Dulu pas mulai melepas pempes (ejaan pempers di keluarga kami), pipisnya masih sering kebablasan, alias ngompols.. untungnya kami berinisiatif untuk membeli props tempat pipis untuk anak anak, yang mana semacam dudukan tambahan yang disertai tangga untuk mempermudah deesa dalam kegiatan yang berurusan dengan bowel movement..  Awalnya masih sering minta tolong di flush kan dan dicebokkan.. berhubung suatu ketika kami berusaha mendisiplinkan dia dalam cebok dan flushing, alhamdulillah dia sudah bisa cebok dan flushing sendiri. Walau seringnya si kami masih ingatkan deesa untuk pipis setiap sekian jam sekali.. tp untung, sekarang kejadian ngompol sudah tidak lagi terjadi. Mungkin untuk poop masih belum teratur, karena tergantung keinginan dia sendiri. Tapi milestone yang saya ingat adalah dia berani nyalain lampu sendiri, trus bilang ke ibunnya dia ingin pipis.. dan dia pi...

Kegiatan meminjam buku

 March 7, 21 Yay.. kegiatan meminjam buku jujur saja saya terlewat prosesnya.. karena seingat saya pada hari minggu itu saya lagi ada urusan sehingga waktu dengan deesa hanya 1/2 hari.. yang saya tau adalah pilihan deesa jatuh pada kategori barbie .. prosesnya saya kurang tau gimana.. tapi kalau pas ngedenger cerita dari ibunnya si dia semangat banget sama buku barbie.. humm.. cerita apa lagi ya.. jujur saya kemarin aga aga hectic jadi banyak kelewat kegiatan bersamanya >.< Next storiess yaaa~

Promt 10 otomatis romantis saya ga ikut peran T_T

 March 10, 21 Hiks.. sedih deh.. seperti judul... hiks saya cuman cerita ke ibun kalau saya akan pesankan gojek, koordinasi dengan kaka dari sd tetum bahwa saya akan mengirimkan go-s*nd ke sd a.n. adeesa lana..abis itu.. udah.. tau tau dapet kiriman video kalau deesa lagi seneng banget dapet buku barbie..  hihihi.. trus pas saya pulang anake dah bubu >.< hiks.. -Fin-

Abis baca jurnal 8 hari ke belakang

 March 9, 21 Humm... prihatin.. itu mungkin yang saya rasakan setelah membaca jurnal 8 hari ke belakang ini.. ternyata waktu kebersamaan saya sama deesa itu dikit banget... teringat juga bahwa waktu saya sama bapak saya pun minim sekali... prihatin sama deesa, apakah deesa juga ngalamin apa yang saya alami dulu? saya juga penasaran... apakah saya sudah menjadi ayah yang baik? apakah image saya di mata deesa? apakah orang yang biasanya marah2in? apakah orang yang biasanya beliin mainan? atau orang yang enak diajak main walau jarang main barengnya? di sisi lain.. itu lah tanggung jawab saya.. saya harus bekerja dengan maksimal, agar keluarga saya minimal tercukupi kebutuhannya. saya masih belum tahu bagaimana caranya bagi waktu di hari weekdays.. tapi di weekend moga moga saya bisa mencurahkan waktu saya ke deesa...hopefully..

Menu makanan~

March 8, 21 Menu makaanaaaan~~~ hihihi.. pas banget 2 hari ini nya jatuh di sabtu sama minggu.. jadwal junk food di menu makanan kami :D tentu saja, untuk pagi hari kami awali dengan yang baik baik, yaitu buah + yoghurt + madu.. pun di snack time dengan hidangan roti buatan sendiri yang katanya rendah gluten.. tapi tiba saat makan siang.. mulai dah tuh junk food.. diawali makan siang dengan menu mie sehat (lemo**lo), dilanjutkan dengan menu makan malam mie lagi, dilanjutkan dengan martabak manis.. lengkap sudah junk food di hari sabtu.. dilanjutkan di hari minggu.. tetap diawali dengan makanan sehat, madu+yoghurt+buah, snack mulai ditemani oleh Ore*, lalu dilanjutkan dengan ayam crispy si kakek (kf*), dengan 1 bucket ayam pas lah untuk snack sore dan makan malam :P. pada malam hari dilanjutkan dengan mie bihun + nasi + ayam crispy. t-o-p b-g-t.. tapi dengan menu kami junk food ini.. si ibun masih tetap makan sehat (oat + tahu + telur), saluut. Sabtu minggu adalah junk food taim~ :D

Ngobrol bareng~

 March 5, 21 Jujur saja, saya termasuk orang yang introvert, jadi saya bukan teman yang baik dalam kegiatan mengobrol.. pun dalam keluarga, saya selalu berusaha agar saya bisa menjadi orang yang bisa ngobrol dengan baik, baik dengan istri maupun dengan anak. Tapi berhubung terkendala dengan ketersediaan waktu, paling banter saya dengan deesa hanya ngobrol dengan topik : Kemarin ngapain aja kah? Makan apa kemarin? semalem mimpi kah? kegiatan tetum apa kemarin? Kegiatan ngobrol pun saya lebih sering dalam mendengarkan deesa cerocos dalam keadaan ngantuk..  dan dalam 2 hari ini.. deesa telat tiduuurnyaa T_T.. jadi bangunnya dia aga terlambat, sehingga ngobrol paling dilakukan pas saat mandi...termasuk minim percakapan sih 2 hari ini... paling di pas siang / sore, deesa menggunakan hp ibunnya dan mencoba menulis pesan di wa, atau merekam voice note. yaaa hanya percakapan ringan.. sabtu minggu biasanya baru banyak ngobrol sama deesa.. bisa bisa cerocos mulu tuh selama 2 jam.. timin...

Membaca Buku~~

 March 4, 21 Hiks.. lagi lagi untuk kegiatan baca buku, disini saya hanya menjadi pendengar / pembaca yang baik... dalam kegiatan membaca buku, jujur saja, deesa masih belum bisa membaca dengan lancar dan baik, dia jujur masih baru menguasai beberapa suku kata.  pun untuk kegiatan membaca, saya jarang terlibat, karena ketika saya bersama deesa kami seringnya terlibat dalam kegiatan fisik ataupun bermain lego. kegiatan membaca lebih seringnya dilakukan bersama dengan ibun. saya pun lagi lagi hanya mendapatkan wa dari ibun kalau si deesa lagi membaca bersama buku barbie. selain itu konon katanya deesa dan ibun juga membaca buku princess of disney (cerita cerita princess dari disney, seperti : putri salju, cinderella, snow white, bella dari beauty and the beast, jasmine dari aladin, etc etc). Mungkin suatu hari nanti kami dapat baca buku bersama... .... Fin~

Kegiatan makan buah adeesa lano~

 March 3, 21 Kegiatan makan buah di dalam keluarga dalam 2 hari ini.. sedih kalau dibilang mah.. saya cuman jadi pendengar saja... karena dalam 2 hari ini breakfast nya deesa adalah yoghurt, jadi kegiatan makan buah bersama boleh dibilang ngga ada.. >.< tapi saya si denger2 aja kalau ternyata deesa makan buah/minum jus buah di siang hari nya sebagai cemilan, (waktu waktu siang hari).  biasanya sih kegiatan makan buah dilakukan di pagi hari, cuman karena si deesa lagi getol makan yoghurt akhir akhir ini, jadi kami makan pagi/sarapan yoghurt sebagai ganti buah.  kami melihat buah-buahan itu sebagai makanan esensial untuk pertumbuhan si cah wedhok kami dan kami (saya dan istri). dimana buah-buah itu main income untuk mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kegiatan makan buah pun sebenarnya lebih digalakkan oleh ibun (panggilan istri dalam keluarga kami), karena ibun itu orang yang sangat care dengan input makanan. di lain pihak, saya, yang sudah kembali menjad...

Kegiatan beribadah sama tocik!

 March 2-21 Selamat Pagi~ Kegiatan beribadah merupakan landasan utama dalam kekeluargaan kami. hal ini pun yang kami coba tularkan ke adeesa lana. untuk 2 hari ini, jujur saja saya hanya sempet mengingatkan deesa untuk sholat subuh.. dan pelaksanaannya pun sebenarnya di luar jam subuh, (sekitaran jam 7 pagi). at least dia bebersih dia tetap diingatkan untuk sholat subuh. untuk sholat-sholat lainnya saya hanya menanyakannya via wa ke istri, udah dzuhur kah anake? udah ashar kah anake? karena untuk waktu waktu tersebut saya sedang wfo >.<, pun pas pulang anake sudah bubu >.<.  selain sholat 5 waktu, paling banter yang saya bisa temani lakukan adalah membaca doa sebelum dan sesudah makan ketika sarapan. andai saja saya wfh, mungkin saya bisa banyak melakukan kegiatan sholat 5 waktu bersama deesa, sama seperti dulu wfh... sepertinya begitu saja tulisan saya perihal kegiatan beribadah... minim sih..  :( Ciao~ 

This morning

March 1, 21 Semangat pagi.. Hari-hari weekdays merupakan hari yang cukup sibuk untuk diri saya, sehingga minim waktu saya untuk beribadah bersama dengan deesa. saya biasanya beribadah bersama dengan deesa ketika saling membaca doa sebelum makan bersama deesa ketika sarapan, dan berdoa sesudah makan ketika selesai sarapan. Deesa pada umurnya mengingatkan saya pada waktu saya masih kecil, dimana untuk bagun pagi terasa sangat berat. ingin rasanya mengajarkan deesa sholat subuh bersamaan, tapi saya merasa tidak enak untuk membangunkan deesa yang tertidur dengan pulas :(. semoga ke depannya di waktu weekdays dimana ketersediaan waktu saya dengan deesa bisa diisi dengan kegiatan beribadah yang lebih banyak. Love You Deesa